selamat datang

Selamat Datang Di Blog MTs Ma'arif NU 01 Bruno Silahkan mengisi buku tamu dan berikan komentar dan share link blog terkait, kami nantikan kunjungan anda berikutnya terima kasih

Jumat, 13 April 2012

Rutinitas Baru

 KEGIATAN SEBELUM KBM

       Mulai tahun Ajaran 2011/2012 Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU 01 Bruno Menambahkan satu kegiatan rutinitas Pagi sebelum pelaksanaan kegiatan Belajar Mengajar Yaitu dengan Tadarus Bersama yang di laksanakan pada Pukul 06.50-07.00 WIB.
      Kegiatan  ini bertujuan melatih kebiasaan siswa untuk datang lebih awal dan sebagai pendidikan kedisiplinan dasar..disamping itu dengan kegiatan ini diharapkan siswa akan terbiasa membaca, mendengar dan diharapkan bisa hafal bacaan surat2 pendek / Juz amma, dan juga melatih siswa untuk lebih tartil dalam membaca Al-Qur'an, karena mereka tidak dibiarkan membaca sendiri tapi dipimpin seorang pengampu dari dewan guru.
        
Untuk Rutinitas ini jadwal baca setiap harinya kami fariasikan menjadi beberapa scedule baca'an yaitu :
  • Hari senin  setelah upacara bendera jadwal bacaanya adalah Surat2 pendek 4-5 surat dimulai dari surat At-Dhuha dan dilanjutkan sholawat Nariyah 11 kali.
  • Hari selasa jadwal bacanya adalah meneruskan 4-5 surat dan dilanjutkan Singiran Khotmil Qur'an.
  • Hari Rabo jadwal bacanya adalah meneruskan Surat pendek 4-5 surat di teruskan Sholawat Nabi.
  • Hari kamis jadwal bacanya adalah Asma'ul Khusna dan dilanjutkan Sholawat Nabi.
  • Hari Jum'at kami khusukan Tahlil, tawassul yang kami khususkan untuk para muwassis, dan juga para  pendahulu Madrasah baik yang masih sugeng maupun ingkang sampun sumare.
  • Untuk Hari sabtu jadwal bacanya adalah sholawatan ( Ada beberapa Sholawat yang kami rangkum menjadi satu rangkaian ) dan di teruskan Do'a Besama.
       Itulah beberapa scedule bacaan tiap harinya, dan biasanya sebelum para siswa datang kami memperdengarkan  music-music islami untuk hari selasa sampai Jum'at, sedang hari senin, lagu yang kami perdengarkan adalah lagu2 Nasional dan lagu Daerah Nusantara, dan untuk hari sabtu kami perdengarkan lagu populer Nusantara dan lagu populer Mancanegara sebagai tambahan pembelajaran di bidang Seni Budaya terutama di bidang seni music.
             sedangkan dari pengampu/dewan guru kami jadwal untuk setiap paginya kami gilir 2 orang dengan pembagian 1 pengampu memimpin bacaan di ruang operator, sedang 1 pengampu lagi keliling kelas untuk menertibkan suasana dalam kelas apabila ada siswa yang tidak serius mengikuti bacaan pemimpin. dan untuk siswa yang datang setelah bacaan di mulai di anggap terlambat dan akan mendapatkan sanksi yaitu berbaris di lapangan dan membaca kembali apa yang di baca pada hari itu sebanyak 2x lipat, dan mengisi buku keterlambatan.
            Berikut adalah rangkaian kegiatan tadarus pagi yang kami dokumentasikan melalui foto dimana seorang pengampu memimpin bacaan di ruang operator dan semua siswa mengikuti dengan khidmat dari masing2 ruang kelas.


 
Pengampu 1 ( Pemimpin Bacaan ) : Bp. Nurhadi. S. Pd. I
Pengampu 2 ( Keliling Kelas ) : Bp. Khatif Ahrufi. SE
Dokumentasi foto : Bp. Nanang LH. S. Pd. I
MTs 01 doc 2012



          Mudah2 Alloh SWT meridhoi kegiatan ini untuk bisa konsisten selama-lamanya, dan semoga semua ini menjadi suatu amal perbuatan yang diterima di sisi Alloh SWT sebagai amal Sholeh. Amin..Amin Ya.Robbal 'Alamin..

Tidak ada komentar: